Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti

Bagi para pengguna smartphone android pasti anda pernah mengalami suatu masalah pada smartphone android anda. Yang salah satu masalahnya adalah sebuah aplikasi yang anda jalankan tiba-tiba keluar atau yang biasa disebut force close. Dan biasanya setelah keluar dari aplikasi tersebut akan ada pemberitahuan “sayangnya aplikasi xxxx telah berhenti”. Kalau untuk masalah yang satu ini, solusinya sangat mudah. Karena biasanya penyebabnya adalah aplikasinya sudah tidak kompatibel dengan perangkat anda, anda hanya perlu menginstal ulang atau memperbarui aplikasi tersebut. Tapi pernahkah anda mengalami masalah seperti ini.. “sayangnya Layanan google play telah berhenti..?

Dalam kesmpatan kali ini saya akan memberikan sedikit solusi cara mengatasi masalah Layanan google pada android telah berhenti. Sebelumnya saya sendiri juga kebingungan dengan masalah seperti ini di smartphone Xiaomi Mi4i saya (firmware indonesia). Masalah layanan google berhenti tersebut mulai muncul setelah saya upgrade sistem di smartphone saya tersebut. Yang awalnya memakai MiUI6 saya upgrade ke MiUI8. Dan seperti gambar berikut inilah kenampakan masalahnya,,

cara mengatasi layanan google play berhenti





Pada awalnya saya kira nanti masalahnya juga hilang sendiri, karena dulu pas baru pertama beli juga seperti ini. Tapi setelah 2 hari kok sama saja. Dan saya merasa terganggu karena peringatan “sayangnya layanan Google telah berhenti” terus saja muncul setiap kali membuka semua aplikasi di smartphone saya. Pertama saya coba melihat rincian pembaruan sitem MiUI nya. Tapi semua normal versi yang di pakai sudah benar MiUI Global , dan statusnya juga stabil.




Selanjutnya saya mencoba menginstal  ulang google play storenya, tapi hasilnya sama saja. Tapi setelah itu ada teman saya yang memberikan saran yang teman saya sendiri awalnya juga tidak tahu apakah akan work atau tidak. Akhirnya cara yang disarankan teman saya tersebut ternyata work alias bisa. Yang ternyata masalah utamanya terletak pada Aplikasi Layanan Googlenya yang tidak Kompatibel dengan sistem barunya. Sebetulnya kalau dibilang aplikasi “layanan google” juga kurang tepat, karena kalau dicari di smartphone pasti tidak akan ketemu aplikasi tersebut. Karena file ini termasuk dalam file sistem tesendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasinya..? Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memperbarui file “layanan google play” tersebut. Akan tetapi caranya berbeda dengan memperbarui aplikasi-aplikasi yang lain. Karena file layanan google ini tidak bisa di Update melalui Google Play store. Caranya anda harus mendownload secara manual file “layanan google” atau “google service” tersebut dari website. Anda bisa searching di google Apk layanan google play yang sesuai dengan smartphone anda.  Karena tidak semua apk “layanan google “ sesuai dengan smartphone anda. Untuk amannya , anda bisa mencari versi yang terbaru.


Setelah selesai mendownload filenya, langkah selanjutnya adalah menginstal file tersebut. Caranya tinggal membuka file hasil download tadi, dan setelah itu pasti akan ada pesan konfirmasi  seperti ini “File layanan google sudah ada, apakah anda akan menggantinya?”. Pilih ya untuk melanjutkan proses instalasi dan tunggu sampai proses selesai. Jika versi file yang anda download sesuai dengan smartphone anda, proses instalasi akan sukses dan smartphone anda akan bisa digunakan seperti semula. Sekian sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti"