Macam-macam Genre atau Jenis Anime


     Anime adalah sinkatan dari istilah bahasa inggris Animation. Sering juga banyak orang yang menyebutnya kartun Jepang karena memang semua anime diproduksi dijepang, meskipun ada beberapa yang diproduksi di luar jepang. Di Indonesia sendiri dulunya anime sering disebut dengan tontonan anak-anak. Mungkin hal itu didasari dengan tayangan Shin-chan, chibi Maruko chan, Doraemon yang mengisahkan tentang kehidupan anak-anak. Tapi perlu diketahui bahwa anime tidaklah dibuat untuk anak-anak saja. Bahkan ada beberapa anime yang dibuat untuk orang-orang dewasa saja khususnya anime hentai. Dan ada beberapa genre atau jenis anime yang mungkin sebaiknya juga tidak dipertontonkan kepada anak-anak. Nah supaya anda tidak salah menonton anime, ada baiknya anda megetahui Genre-genre anime berikut ini,,

Bishoujo
Anime/manga yang dibuat khusus untuk para cowok dewasa. Kebanyakan tokoh-tokoh dalam anime/manga tersebut adalah cewek-cewek cantik.

Bishounen
Anime/manga untuk para cewek/wanita. Tokoh dalam anime/manga tersebut kebanyakan adalah cowok-cowok cakep. [misal : perfect girl evolution dll]

Harem
Genre anime/manga dimana seorang tokoh cowok dikelilingi oleh banyak tokoh cewek. [misal Ichigo 100%, aoi yori aoshi dll]

Mecha
Anime/manga yang berunsur robot & perang. Awalnya diperuntukan untuk shonen tapi shojo sudah mengambil bagiannya juga. (misal : gundam series dll)

Magical Girl
Anime/manga yang berunsur sihir dengar main chara shoujo. [misal : sailormoon, cardcaptor sakura dll]

Sentai
Anime/manga yang berunsur militer, biasanya menceritakan sejarah yang nyata seperti PD I & PD II. [termasuk group shonen]

Senshi
Unsurnya sama dengan sentai namun lebih sering dipakai untuk group shoujo.

Shoujo-ai
Anime/manga yang bertemakan girl relationship alias hubungan cewek dan cewek, hanya sebatas teman dekat [intim], tapi tidak sampai pada taraf seksual.

Shonen-ai
Anime/manga yang bertemakan boy relationship, atau hubungan cowok dan cowok, tidak sampai taraf seksual.

Yuri
Anime/manga yang bertemakan cewek X cewek [tingkat atas genre shoujo ai] yang berakhir dengan hubungan seksual.

Yaoi
Anime/Manga yang bertemakan cowok X cowok [tingkat tinggi dari genre shonen-ai], yang berakhir dengan hubungan seksual. Genre ini digemari oleh para cewek dan sebagian besar mangakanya adalah perempuan. Sebutan untuk cewek penyuka genre ini yaitu fujoshi, sedangkan untuk cowok fudanshi.

Ecchi
Anime/manga yang menunjukan sedikit konten vulgar. Ecchi merupakan lafalan bahasa Jepang pada huruf roman 'H' dan H ini mewakili huruf pertama Hentai, namun Ecchi tidak sampai pada tahap seksual.

Hentai
Anime/manga genre tingkat atas Ecchi yang berakhir dengan hubungan seksual.

Action
Anime/manga yang biasanya menggambarkan perkelahian, kekerasan, kekacauan, dan gerakan-gerakan cepat.

Adult
Anime/manga yang isinya hanya cocok untuk orang dewasa. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini biasanya berisi banyak adegan kekerasan yang intens, dan atau gambar-gambar seksual serta ketelanjangan.

Adventure
Anime/manga yang seorang karakternya melakukan sebuah perjalanan yang panjang untuk satu dan lain hal, itu adalah pertanda judul yang anda pilih adalah anime atau manga petualangan.

Comedy
Anime/manga yang dramatis yang ringan dan seringkali humoris, mengandung sebuah resolusi, pemecahan masalah, atau kesimpulan yang bahagia akan sebuah konflik.

Drama
Anime/manga yang dimaksudkan untuk menarik keluar respons emosional dari pembaca, seperti rasa sedih atau ketegangan.

Fantasy
Anime/manga yang memasukkan unsur sihir, dunia impian, dan dongeng atau legenda.

Horror
Anime/manga yang dipenuhi oleh emosi-emosi seperti rasa takut, kekhawatiran, dan kebencian; emosi yang ditimbulkan oleh sesuatu yang menakutkan atau mengejutkan.

Martial Arts
Sesuai dengan namanya, Anime/manga yang berhubungan dengan seni bela diri.

Mature
Anime/manga yang mungkin terlalu ekstrem untuk orang di bawah umur 17. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini bisa berisi kekerasan intens, darah, konten seksual, dan bahasa-bahasa kasar.

Mystery
Anime/manga yang Biasanya berisi peristiwa yang tidak bisa dijelaskan terjadi, dan karakter utamanya harus melakukan segala cara untuk mencari penyebabnya.

Romance
Anime/manga yang berhubungan dengan cinta.

School Life
Anime/manga yang latar belakang ceritanya berfokus pada kehidupan sekolah.

Sci-fi
Anime/manga yang mengandung karya fiksi ilmiah.

Sports
Anime/manga yang berhubungan dengan kegiatan olahraga.

Supernatural
Anime/manga yang  berisi kekuatan-kekuatan dan kejadian luar biasa yang tidak dapat dijelaskan, serta melanggar hukum fisika.

Beberapa anime mungkin memasukan beberapa genre dalam satu judul anime. Namun ada juga yang hanya fokus tertuju dalam satu genre saja. Tapi menurut saya sendiri aneme yang fokus pada satu genre cenderung monoton. Tapi itu semua kembali pada masing-masing pecinta anime itu sendiri. Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Macam-macam Genre atau Jenis Anime"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus